Beragam Info Update Tentang Teknologi, Inovasi dan Informatika

Jumat, 10 Oktober 2014

Ilmuwan Hasilkan Oksigen Tanpa Melibatkan Tumbuhan

Karbon dioksida dipecah oleh laser menjadi monoksida dan oksigen.


Tumbuhan adalah penghasil oksigen. Mungkinkah, jika oksigen dibuat tanpa melibatkan tumbuhan? Peneliti asal Amerika mengklaim telah menemukan cara menghasilkan oksigen tanpa berasal dari tumbuhan.

Zhou Lu, seorang Peneliti yang berasal dari University of California Davis mengklaim telah menemukan unsur oksigen. Menurut Zhou, dilansir Nature World News, Senin 6 Oktober 2014, laser vakum ultraviolet (VUV) yang mempunyai energi tinggi dapat merangsang karbon dioksida untuk terbagi menjadi karbon monoksida dan oksigen.

Zhou menambahkan bahwa awal terbentuknya bumi yang diselimuti dengan karbon dioksida, seperti yang saat ini ditemukan di planet Mars dan Venus, menjadi penanda yang cocok untuk dihuni di masa depan.

"Hasil yang kami temukan menunjukkan bahwa CO2 dapat dibentuk dari karbon dioksida yang ada dibumi melalui serangkaian proses. Proses yang sama pun memungkinkan untuk diterapkan pada atmosfer karbon dioksida yang merupakan dominasi pada planet Mars dan Venus," jelas dia.

Namun, penemuan yang dilakukan oleh Zhou tersebut masih tergolong kecil. Sebab, karbon dioksida yang dikonversi menjadi oksigen melalui laser khusus tersebut baru sekitar lima persen dari total molekul yang terkena. Alhasil, butuh jutaan tahun untuk memproduksi oksigen dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup.

Meskipun demikian, ia berharap dengan hasil penelitian yang dilakukannya ini akan menjadi jawaban dari pemahaman atmosfer bumi, serta planet lainnya. Selain itu, dikutip Tech Times, Zhou berharap ada satu langkah yang memungkinkan manusia memproses dan mengkonversikan karbon dioksida menjadi oksigen dengan produksi yang cukup tinggi dibandingkan penemuannya sekarang.

Keberhasilan penemuan yang diteliti Zhou selama 14 tahun ini dilakukan di dalam laboratorium dan telah diterbitkan ke dalam jurnal Science.\


Sumber : viva.co.id

0 komentar:

Posting Komentar